Monday, February 2, 2009

The Old Man in Border

Spirit of Life
Pakistan border

Tempat Penampungan Air Kuno

MENEMBUS PELUANG PASAR (Penetrated the market opportunity


By . N-dy
Di era globalisasi saat ini tingkat persaingan bisnis begitu ketat di hadapi, sehingga kita dituntut untuk mampu dalam menyikapinya, khususnya bagi pelaku bisnis. Sering kita melihat dan membaca di artikel-artikel.media, surat kabar dan lain sebagainya, banyak perusahaan-perusahaan maupun pebisnis mengalami kegagalan (bankrupt) yang diakibatkan tidak mampu bersaing dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki, bisa itu di dalam efektifitas managementnya yang kurang efektif atau proses membidik pasar yang mereka lakukan kurang maksimal.


Dalam kesempatan ini saya akan mencoba bagaimana di era globalisasi ini kita untuk dapat memanfaatkan peluang atau menciptakan suatu peluang bisnis untuk dapat bersaing secara fair dan maksimal kemudian saya persempit lagi sesuai dengan judul atau tema yang saya angkat “Menembus Peluang Pasar”.

Definisi dan Proses Pembentukan Pasar

Pasar dalam kajian umum diartikan sebagai tempat bertemunya “si penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen dengan melakukan aktifitas jual-beli barang maupun jasa”
A market is any place where the sellers of a particular good or service can meet with the buyers of that goods and service where there is a potential for a transaction to take place. The buyers must have something they can offer in exchange for there to be a potential transaction
.( http://economics.about.com/cs/economicsglossary/g/market.htm)
Dalam pengertian tersebut terpapar jelas bahwa pasar merupakan sarana/tempat bagi si penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi yang mereka lakukan merupakan aktifitas atau kegiatan pasar, suatu aktifitas tentunya dibutuhkan suatu proses sebagai penunjang.
Proses pasar yang saya maksudkan disini adalah bagaimana menemukan si penjual dan sipembeli tersebut dapat memberikan kontribusi keuntungan dari kedua belah pihak (penjual dan pembeli) ? atau dengan kata lain si penjual mendapatkan keuntungan - profit penjualan dan si pembeli mendapatkan kepuasan - satisfaction dari barang atau jasa yang diperolehnya.
Proses pembentukan sebuah pasar tidaklah segampang yang kita bayangkan, ini diperlukan suatu keterampilan khusus yang bisa dipelajari, sekarang banyak sekali buku-buku maupun artikel –artikel focus membahas bagaimana menjadi seorang pemasar (marketing) yang handal.
There are a number of perceptions of the concept of process within the business and marketing literature. Some see processes as a means to achieve an outcome, for example - to achieve a 30% market share a company implements a marketing planning process
(http://www.marketingteacher.com/Lessons/lesson_process.htm)

Dunia marketing saat ini sangat berbeda jauh sekali kalau kita bandingkan pada jaman-jaman terdahulu kita. Dulu waktu saya masih di bangku sekolah dasar di era th 80-an, saya selalu di ajak orang tua saya membeli peralatan-peralatan sekolah baik itu buku sekolah dan peralatan tulis di suatu toko yang merupakan satu-satunya toko buku yang ada pasa saat itu. Seiiring dengan perkembangan jaman serta bermunculnya toko buku baru seperti, Gramedia, dan penjualan buku-buku secara on line (e-book) di Internet, apa yang terjadi ? saya melihat toko buku tersebut berubah menjadi bangunan tua yang menjadi sebuah bengkel, dan penjualan spare part kendaraan.

Dari contoh kecil tersebut dapat kita bayangkan bahwa proses pembentukan pasar didasari dengan kebutuhan pasar, pada saat itu si pelaku bisnis mendirikan toko buku dikarenakan tidak adanya toko buku lain yang dapat menyaingi bisnisnya jadi dia benar-benar memanfaatkan peluang tersebut dengan didasari permintaan atas kebutuhan bisnis yang dia tawarkan, jelas kebutuhan akan buku sangat tinggi sekali pada saat itu, dan seiring dengan pesatnya jaman dengan mulai tumbuhnya bisnis toko buku baru disekitar daerah tersebut, serta ketidakmampuan si pelaku bisnis tersebut untuk bersaing dalam bisnis tersebut maka dia berusaha mencari celah baru dengan mencari/ memanfaatkan peluang bisnis yang lain walhasil dia mengganti bisnis toko bukunya menjadi bengkel dan menjual spart part yang dianggapnya akan mampu untuk bersaing.
Jadi sangat jelas sekali proses pembetukan pasar didasari dengan dua pemahaman , adalah ; pertama, Proses pembentukan pasar yang didasari dengan kebutuhan pasar dan, kedua , Proses pembentukan pasar dengan mencari atau menciptakan sebuah peluang pasar.

Kedua pemahaman diatas merupakan dua proses yang sejalan dan sangat terintegrasi, bisa dibilang merupakan suatu system pembentukan proses, karena bila seseorang ingin menciptakan sebuah peluang pasti pertama yang dia lakukan adalah melihat apakah bisnis yang akan dia jalankan sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pasar serta bagaimana membidik peluang dari bisnis tersebut apakah layak untuk diimplementasikan.

Kebutuhan pasar + peluang pasar = Proses pembentukan pasar

Menciptakan Peluang Pasar

Marketing is not the art of finding clever ways to dispose of what you make. It is the art of creating genuine customer value." - Philp Kotler-

Dari Pemaparan mengenai proses pembentukan pasar itu semua tidak terlepas dari fungsi sebuah system managemen yang mencakup Planning, Organizing, leading dan Controlling. Dimana dari keempat fungsi management tersebut akan salaing berhubungan di dalam sebuah Konsep dan Proses

Kenapa saya katakan Konsep dan proses? Karena dalam menciptakan peluang pasar kita harus benar-benar harus mempunyai suatu konsep dalam menentukan pilijhan. Benar atau tidak –sukses atau tidaknya semua tergantung pilihan bisnis yang akan lakukan. Konsep disini bias dikatakan penyempitan sebuah draft bisnis yang akan kita lakukan atau proses penentuan serta pilihan.
To be continue....