Thursday, May 14, 2009

Marketing Indonesia to the World !

Siapa yang bisa melakukan ini? Ya Diplomat pastinya !

Itulah kira-kira yang saya katakan di Sesi Marketing SESDILU atau Sekolah Staf Dinas Luar negeri Batch 42 di Deplu tadi siang…

Seperti di Sespati Polri, saya memang sudah langganan untuk mengajar Marketing setahun dua kali untuk para Diplomat Madya ini. Bedanya, kalau di Sespati Polri pakai bahasa Indonesia, disini pakai bahasa Inggris… Diskusi pun dilakukan dalam bahasa Inggris.

Angkatan ini berjumlah 25 orang yang sudah pernah posting di berbagai negara. Sebagai Channel untuk memasarkan Indonesia, para diplomat ini di KBRI sendiri-sendiri memang sering pusing. Disamping tugas untuk melakukan diplomasi internasional, maka TTI (Tourism, Trade and Investment) adalah area yang mesti digarap. Susahnya kan mereka mesti koordinasi dengan berbagai Instansi seperti Budpa, BPEN dan BKPM. Pada hal tiap instansi tersebut sudah punya program sendiri-sendiri yang belum tentu sinergetik.

Selain itu, dengan adanya otonomi daerah, hampir setiap daerah tingkat satu dan dua bangun serentak! Untuk melakukan TTI Marketing !

Terus terang dari analisa saya pribadi, masih banyak program promosi yang tidak kena dan kurang jelas sasarannya… Jadinya, High Budget Low Impact jadinya !

Para diplomat seringkali juga jadi sasaran tembak dari para pencari informasi di negara orang… Masalahnya, info TTI tersebut ada di institusi yang tersebar… Selain itu budget kan selalu tidak cukup…

Tapi saya katakan supaya tidak hanya complain karena budget kurang atau kurang koordinasi. Just do something for Indonesia ! But strategically, not only tactically ! Begitu ditempatkan di suatu negara, analisa 4C hrs segera dilakukan untuk mengenali landscape utk masing-masing TTI…

Siapa Competitor (direct and indirect), siapa Customer (priority, secondary) dan apa kira-kira Change yang bakal terjadi (Teknologi, Political/Legal, Economy, Social/Culture and Market). Dengan demikian Company sebagai C keempat, yaitu Indonesia sendiri lantas bisa mengambil Posisi yang tepat !

Selanjutnya tentu saja penentuan PDB (Positioning, Differentiation and Branding) dari Indonesia untuk masing-masing TTI…

Jadi dengan demikian Strategi besar dari setiap Instansi TTI di Indonesia lantas bisa di “localised” untuk setiap negara…

Nah kalau sudah begitu, baru kita ke 9 elemen Marketing..

Segmentasi, Targeting, Positioning, Diferensiasi, Marketing Mix, Selling, Brand, Service dan Process secara tepat…

Tapi akhirnya, tadi pagi saya juga mengatakan bahwa sekarang jaman telah berubah dari vertical ke horizontal… Karena itu 9 elemen tadi hrs diubah jadi 12C nya New Wave Marketing.

Setelah tiga jam mengajar, pas pukul empat sore, saya stop bicara. ” I am tired now… May I stop and go back to my office? Hope everyone get inspired with this session… so you can Market Indonesia to the World ! ”

Serempak, mereka semua bertepuk tangan ! Ambil gambar bersama, hasilnya bisa anda lihat diatas…

Diplomats, I rely on you to Market Indonesia to the World…

This article can be found at Hermawan Kartajaya’s Blog