Monday, April 16, 2012

Membaiknya IHSG Diharap Pacu Kinerja Sekuritas


INILAH.COM, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mencatatkan pertumbuhan positif secara year to date sekitar 8% pada 2012 diharapkan dapat berdampak positif terhadap kinerja sekuritas.

Direktur Pengawasan dan Kepatuhan Anggota Bursa (BEI) Uriep Budhiprasetyo menuturkan, perusahaan yang menyatakan minat untuk melakukan penawaran umum saham perdana dapat memberi sentimen positif terhadap kinerja perusahaan sekuritas. Selain itu, pertumbuhan jumlah investor dan IHSG yang positif pada awal 2012 diharapkan juga mendukung bisnis sekuritas tahun ini. "Harusnya tumbuh positif, IHSG naik, masuknya emiten baru dan tumbuh investor, perusahaan nyatakan minat IPO," ujar Uriep di gedung BEI, Selasa (17/4/2012) .

Saat ini,BEI sedang memproses 5 calon emiten yang akan melakukan penawaran umum saham perdana. Uriep menuturkan, dari 114 anggota bursa yang melaporkan laporan keuangan untuk 2011, ada 110 anggota bursa yang menyampaikan laporan keuangan tepat waktu dan 4 anggota bursa yang tidak menyampaikan laporan keuangan tepat waktu. "Dari 110 anggota bursa tersebut 69 anggota bursa memperoleh laba bersih dan 41 anggota bursa mencatatkan rugi bersih. Kalau dibandingkan tahun 2010 lalu ada 88 anggota bursa mencatatkan laba bersih,dan 25 anggota bursa mencatatkan rugi," jelas Uriep.

Menurut Uriep, anggota bursa lebih banyak mencatatkan rugi bersih karena penurunan indeks pada Agustus 2011 lalu dan anggota bursa yang mulai mengubah komposisi portofolio untuk penerapan aturan MKBD pada Februari 2012 diperkirakan turut mempengaruhi keuntungan anggota bursa. [cms]
Sumber : Inilah.com

No comments: